'/> 11 Tanda Baca Dalam Bahasa Inggris Beserta Simbol, Penggunaan Dan Contohnya

Info Populer 2022

11 Tanda Baca Dalam Bahasa Inggris Beserta Simbol, Penggunaan Dan Contohnya

11 Tanda Baca Dalam Bahasa Inggris Beserta Simbol, Penggunaan Dan
Contohnya
11 Tanda Baca Dalam Bahasa Inggris Beserta Simbol, Penggunaan Dan
Contohnya

11 Tanda Baca Dalam Bahasa Inggris Beserta simbol, Penggunaan Dan Contohnya


 Tanda Baca Dalam Bahasa Inggris Beserta simbol 11 Tanda Baca Dalam Bahasa Inggris Beserta Simbol, Penggunaan Dan Contohnya


 


Tanda baca merupakan salah satu hal yang penting dalam penggunaan bahasa inggris baik verbal maupun tulisan. Dalam penulisan bahasa Inggris, penggunaan yang benar dari simbol-simbol ini membantu untuk mengungkapkan makna dari kalimat. Dalam bahasa Inggris lisan, tanda baca menyatakan jeda dan intonasi yang akan dipakai ketika membaca dengan bunyi keras.


 


Tanda baca yang salah sanggup mengubah arti dari kalimat. Contohnya mari kita lihat perbandingan dua kalimat berikut:



  1. Let’s eat Mom. ( Mari kita makan ibu.)

  2. Let’s eat, Mom. ( Mari kita makan, ibu.)


Apakah sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) melihat bagaimana penggunaan koma mengubah seluruh makna baik dalam kalimat? Hilangnya koma dalam kalimat pertama menawarkan bahwa pembicara meminta untuk memakan ibu mereka, yang tidak masuk akal. Sedangkan, koma sehabis let’s eat atau mari kita makan di kalimat kedua membantu untuk memberikan makna bahwa pembicara menyarankan kepada ibu mereka untuk pergi dan mulai makan, yang terdengar lebih masuk akal.




Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :





A. Simbol dan penggunaan tanda baca atau punctuation.


Beberapa tanda baca yang umum dipakai yaitu sebagai berikut:



  1. Full Stop (.) atau titik. Usually used at the end of a sentence. Biasanya dipakai pada tamat kalimat.

  2. Question Mark (?) atau tanda tanya. Usually used at the end of an interrogative sentence to form a question. Tanda tanya biasanya dipakai pada tamat sebuah kalimat tanya untuk membentuk sebuah pertanyaan.

  3. Comma (,) atau koma. Usually used to denote a pause in a sentence. Koma biasa dipakai untuk menawarkan jeda dalam kalimat.

  4. Exclamation Mark (!) atau tanda seru. Used to denote shock, surprise, anger or a raised voice. Tanda seru dipakai untuk menawarkan ketika mengalami shock atau terkejut, murka atau mengangkat suara, dan lain sebagainya.

  5. Colon (:) atau titik dua. Used to indicate what is to follow next. Titik dua biasa dipakai untuk menawarkan kata apa yang akan diikuti selanjutnya.

  6. Semi Colon (;) atau titik koma. Used to link two independent clauses not joined by a conjunction or used to separate two independent clauses in place of comma. Sedangkan titik koma dipakai untuk menghubungkan dua klausa independen yang tidak bergabung dengan konjungsi atau kata hubung atau dipakai untuk memisahkan dua klausa independen dalam penempatan koma.

  7. Apostrophe (‘) atau tanda petik satu. Used to show possession or for contraction of word. Tanda petik satu umumnya dipakai untuk menawarkan kepemilikan atau kontraksi kata.

  8. Ellipsis (…) atau titik-titik. Used to indicate the missing pieces in the direct quotation and to decide upon a quote speech. Tanda baca ini biasa dipakai untuk menawarkan adanya bab yang hilang pada kutipan eksklusif dan untuk tetapkan suatu kutipan dari percakapan.

  9. Quotation Marks (“ “) atau tanda petik dua. Used to show quotation, either in writing or speech. Tanda baca seperti ini berfungsi untuk menampilkan kutipan, baik goresan pena maupun ucapan orang lain.

  10. Parentheses ( ( )  ) atau tanda kurung. Used to add material that can be either additional information or comments of the author. Simbol ini dipakai untuk menambahkan bahan yang sanggup berupa informasi komplemen maupun komentar dari penulis.

  11. Slash ( / ) atau garis miring. Used to separate the selection, to indicate a period of time, to represents the word “per”, to write abbreviations, and to indicates a shift in the lines of poetry. Tanda baca garis miring digunakan untuk memisahkan pilihan, menawarkan periode waktu, merepresentasikan kata “per”, menuliskan singkatan, dan menawarkan pergantian baris pada puisi.




B. Contoh penggunaan punctuation atau tanda baca dalam kalimat



  1. The speed of the earth rotation is about 733.66 miles/hr.

    (Kecepatan rotasi bumi sekitar 733.66 mil/jam.)

  2. “Nobody can imagine…”, Lia said.

    (“Tak seorangpun sanggup membayangkan…”, Kata Lia.)

  3. Lia, Esti and me, are invited to Tita’s graduation ceremony.

    (Lia, Esti dan saya, diundang ke upacara kelulusan wisuda Tita.)

  4. “It wasn’t me!” Ferdi screamed.

    (“Bukan saya!” teriak)

  5. Nisa’s bag, the men’s room, Tom’s book.

    (Tas Nisa, ruang laki-laki, buku Tom)




– Everyday is a new adventure –


Good luck!


Advertisement

Iklan Sidebar