'/> Apa Itu Negara Skandinavia, Nordik Dan Perbedaannya

Info Populer 2022

Apa Itu Negara Skandinavia, Nordik Dan Perbedaannya

Apa Itu Negara Skandinavia, Nordik Dan Perbedaannya
Apa Itu Negara Skandinavia, Nordik Dan Perbedaannya
Pernahkan anda mendengar istilah negara Skandinavia ?.

Ya, negara-negara skandinavia tersebut berada di benua Eropa bab utara.

Nah serba definisi kali ini akan membahas perihal apa itu negara Skandinavia atau mengapa negara tersebut diistilahkan dengan negara Skandinavia. Kita juga akan menelusuri apakah  negara Skandinavia tersebut sama dengan negara Nordik.

Apakah Swedia yakni negara Nordik atau Skandinavia?

Sebagian besar di dunia memperlakukan kata-kata "Nordik" dan "Skandinavia" secara setara atau dianggap istilah yang sama, tapi itu tidak benar. Tapi adakah definisi umum untuk membedakan kedua istilah tersebut ?

Apa itu Skandinavia ?

Ada dua cara untuk mendekati konsep Skandinavia:
  • secara geografis dan 
  • bahasa. 

Secara geografis, ada yang namanya Semenanjung Skandinavia yang mencakup :
  • Norwegia, 
  • Swedia dan 
  • Lapland (sebelah utara Finlandia). 
Dengan cara ini, Skandinavia hanya Swedia dan Norwegia.

Jika ditinjau dari sisi bahasa linguistik, bahasa Swedia, Denmark dan Norwegia mempunyai kata yang umum, "Skandinavien", dengan makna umum: tanah Orang-orang Utara, yang bagi mereka Swedia, Denmark dan Norwegia. Inilah definisi Skandinavia yang paling disepakati.

Namun, pendefinisian negara Skandinavia menurut pendekatan bahasa linguistik mempunyai kerumitan tersendiri, dimana nantinya negara-negara yang termasuk ke dalam Skandinavia menjadi bertambah.

Contoh :
Bahasa Islandia juga berasal dari bahasa linguistik yang sama dengan bahasa Skandinavia. Oleh alasannya yakni itu, beberapa orang memasukkan Islandia dalam isitlah Skandinavia tersebut. Selanjutnya, Swedia diucapkan di beberapa bab Finlandia, alasannya yakni bahasa Finlandia dipakai di beberapa bab di Swedia. Definisi ekstrem, meski tidak benar, Skandinavia termasuk Finlandia.

Juga, secara budaya dan historis Swedia, Denmark dan Norwegia mempunyai Game of Thrones mereka sendiri, di mana Islandia yakni bab dari Norwegia dan Denmark di beberapa titik, dan Finlandia yakni bab dari Swedia.

Lalu Apa itu Negara Nordik ?

Karena masih terdapatnya beberapa ketidaksejuan dalam mengistilahkan negara-negara Skandinavia, maka Prancis tiba untuk menyelamatkannya dengan istilah lain: "Pays Nordiques", negara-negara Nordik, yang juga menjadi standar. Ini mengenkripsikan Skandinavia, Islandia dan Finlandia.

Jadi, saat berbicara perihal Nordik , maka yang dimaksud yakni kita berbicara perihal Finlandia, Islandia, Norwegia, Denmark, Swedia, dan Kepulauan Faroe.

Kesimpulan

Istilah negara Skandinavia dengan negara Nordik tidaklah sama, walaupun sering kita temukan keduanya saling dipertukarkan.

Ketika berbicara perihal Skandinavia, maka negara yang lebih sempurna dalam isitlah ini yakni : Norwegia dan Swedia.

Bila berbicara perihal negara Nordik, maka negara yang dimaksud yakni : Norwegia, Swedia, Denmark, Finlandia, Islandia dan Kepulauan Faroe.
Advertisement

Iklan Sidebar