'/> Cara Efektif Memahami Goresan Pena Dalam Bahasa Inggris (Reading Strategy)

Info Populer 2022

Cara Efektif Memahami Goresan Pena Dalam Bahasa Inggris (Reading Strategy)

Cara Efektif Memahami Goresan Pena Dalam Bahasa Inggris (Reading
Strategy)
Cara Efektif Memahami Goresan Pena Dalam Bahasa Inggris (Reading
Strategy)

Cara Efektif Memahami Tulisan Dalam Bahasa Inggris (Reading Strategy)


 


Cara Efektif Memahami Tulisan Dalam Bahasa Inggris  Cara Efektif Memahami Tulisan Dalam Bahasa Inggris (Reading Strategy)


 


KWL dalam bahasa inggris atau akronim dari Know, Want, dan Learn ialah sebuah taktik pembelajaran dalam membaca (reading strategy) dalam bahasa Inggris serta sanggup mempertimbangkan sebagai startegi yang sanggup sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) gunakan di kelas.


Know (yang berarti mengetahui, menganalisa, memprediksi), Want (yang berarti berbagi pemikiran terhadap apa yang akan dipelajari dengan menciptakan pertanyaan – pertanyaan yang berkaitan dengan teks), kemudian Learn (Adalah menyimpulkan


mengenai apa saja yang telah dipelajari dan menjawab pertanyaan).


Hal tersebut yang akan dilakukan dalam pembelajaran reading strategy memakai KWL atau Know, Want, dan Learn.


Untuk lebih jelas, mari kita lihat dan simak bersama – sama klarifikasi di bawah ini


 




Strategi pembelajaran dalam membaca (READING STRATEGY) dalam bahasa Inggris



  1. K atau know


Di tahap ini, siswa belum membaca teks dan bersama dengan kelompoknya, mereka akan menganalisa sebuah teks yakni dengan cara memikirkan kata kunci, istilah frase dan topik yang mungkin muncul di dalam teks tersebut. Lalu semua hal tersebut dibentuk ke dalam sebuah daftar sehingga terperinci dengan baik. Tujuan dari tahap ini ialah siswa beserta kelompok sanggup memakai tahap ini untuk terlebih dahulu berpikir kritis serta membuatanalisa mengenai hal – hal apa saja yang akan muncul di dalam teks.



  1. W atau will / want)


Pada tahap ini siswa akan melaksanakan hal yang jauh lebih kompleks lagi. Disini, mereka akan menciptakan pertanyaan-pertanyaan penting mengenai hal terkait dengan tema teks. Contohnya,


seorang guru telah menawarkan clue bahwa teks yang akan dipelajari ketika ini ialah mengenai pertanian. Sebuah kelompok siswa sanggup menciptakan pertanyaan sebagai berikut :


“ Bagaimana pertanian di Indonesia sanggup meningkatkan ekspornya ? “, “ Bagaimana sistem perawatan lahan pertanian di Indonesia? “, “ Mengapa banyak petani yang menggunakan


pestisida? “, “ Bagaimana cara membasmi hama dengan cara yang sempurna dan cepat? “, ” Bagaimana cara menghasilkan tanaman-tanaman organic?” dan lain sebaganya.


Ke – lima pertanyaan di atas sanggup dihasilkan menurut kata kunci atau frase yang telah dibentuk dalam tahap know dalam reading strategy ini.



  1. L atau learn


Dalam tahap terakhir yang satu ini ialah tahap review menyerupai menjawab pertanyaan, serta menarik kesimpulan. Di tahap ini, siswa membaca teks dan sesudah mempelajarinya, mereka menjawab pertanyaan, serta merangkum hal-hal yang penting di dalam teks. Tujuan dari tahap ini ialah siswa sanggup tahu apa yang sedang mereka pelajari dan bukan belum dewasa yang asal ikut dengan pembelajaran yang diterapkan oleh guru.




Demikianlah pembahasan bahan kali ini mengenai “ Cara Effektif Memahami Tulisan Dalam Bahasa Inggris (Reading Strategy) “.


Semoga sanggup membantu dan menawarkan ilmu yang bermanfaat bagi kita semua.


Thank you for attention friends


 


Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :



Advertisement

Iklan Sidebar