'/> Contoh Perangkat Pembelajaran Silabus Smp Kelas Ix Semester 1

Info Populer 2022

Contoh Perangkat Pembelajaran Silabus Smp Kelas Ix Semester 1

Contoh Perangkat Pembelajaran Silabus Smp Kelas Ix Semester 1
Contoh Perangkat Pembelajaran Silabus Smp Kelas Ix Semester 1

Contoh Perangkat Pembelajaran Silabus Sekolah Menengah Pertama Kelas IX Semester 1


Contoh Perangkat Pembelajaran Silabus Sekolah Menengah Pertama Kelas IX Semester  Contoh Perangkat Pembelajaran Silabus Sekolah Menengah Pertama Kelas IX Semester 1


Sekolah                       : Sekolah Menengah Pertama XXXXX BANDAR LAMPUNG


Kelas                           : IX (Sembilan )


Mata Pelajaran           : Bahasa Inggris


Semester                     : 1 (Satu)


Standar Kompetensi : Mendengarkan



  1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal verbal pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari


 
































 


Kompetensi


Dasar

Materi


Pokok/Pembelajaran

Kegiatan PembelajaranIndikatorPenilaianAlokasi


Waktu

Sumber


Belajar

TeknikBentuk


Instrumen

Contoh


Instrumen

1.1  Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian, serta mengungkapkan dan menanggapi keraguan


 

Percakapan memuat ungkapan-ungkapan berikut


A.     Are you sure ?


B.     I am. It is confirmed


 


A.     Well… I am not sure


B.     Don’t worry


 


 


 


 

1.     Tanya jawab yang berkaitan dengan ungkapan meminta dan memberi kepastian, mengungkapkan dan menanggapi keraguan memakai gambit-gambit yang relevan. Contoh:


Kepastian:


–                                          of course I would     


–                                          I certainly would


Keraguan:


–       I don’t know


–       I can’t decide


2.     Mendengarkan percakapan yang berkaitan dengan materi


3.     Mengidentifikasikan gambit-gambit yang dipakai dalam percakapan


4.     Menjawab percakapan yang berkaitan dengan percakapan yang didengarkan


 

·   Merespon ungkapan meminta dan memberi kepastian


 


 


·   Merespon ungkapan mengungkapakan dan menganggapi keraguan


 


 

Tes lisan


 


 


 


 


 


 


Tes tertulis

Pertanyaan


 


 


 


 


 


 


– Pilihan ganda


 


 


 


 


-Melengkapi per cakapan

– Respond the teacher’s statement!


T: “Are you sure?


S: “…….”


 


 


– Choose the correct expression to complete the dialogue below


 


– Complete the dialogue according to the conversation!


 

2×40 menit1.  Bahan-bahan rekaman (cassette, CD, VCD)


 


 


2.     Script percakapan


3.     Buku teks yang relevan


 
















1.2  Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur berikut meminta pengulangan, menawarkan perhatian, dan menyatakan kekaguman


 

Percakapan memuat ungkapan berikut :


 


I beg your pardon?/Pardon?


 


A. I’ve got good news!


B. Tell me more about it.


 


A. What a beautiful day!


B. It is. Shall we go to the beach ?


 

1.     Tanya jawab ihwal aneka macam hal terkait tema / topik dan ungkapan terkait materi.


2.     Mengembangkan kosa kata terkait tema / topik yang dipilih.


3.     Tanya jawab memakai ungkapan-ungkapan terkait materi.


4.     Mendengarkan percakapan yang memakai ungkapan terkait materi.


5.     Menjawab pertanyaan ihwal isi percakapan.


6.     Merespon ungkapan yang diucapkan guru.


 

·   Merespon ungkapan meminta pengulangan


 


·   Merespon ungkapan mengambarkan perhatian


 


·   Merespon ungkapan menyatakan kegaguman


 

Tes tulisIsian singkatListen to the dialoque and complete the sentences.2 x 40 menit1.  Bahan-bahan rekaman (cassette, CD, VCD)


 


 


2.Script percakapan


Buku teks yang relevan


Standar Kompetensi : Mendengarkan



  1. Memahami makna dalam teks verbal fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam


konteks kehidupan  sehari-hari


 











































 


Kompetensi


Dasar

Materi


Pokok/Pembelajaran

Kegiatan PembelajaranIndikatorPenilaianAlokasi


Waktu

Sumber


Belajar

TeknikBentuk


Instrumen

Contoh


Instrumen

2.1  Merespon makna yang terdapat dalam teks verbal fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari


 

·       Teks fungsional /pendek


–       pesan singkat


–       iklan


–       pengumuman


 


 

1.     Tanya jawab ihwal aneka macam hal terkait dengan jenis teks fungsional yang akan dibahas dengan proteksi rujukan / model.


2.     Membahas tujuan komunikatif dan ciri-ciri kebahasaan teks fungsional pendek terkait tema / topik tertentu.


3.     Mendengarkan teks fungsional pendek terkait tema / topik tertentu.


4.     Menjawab pertanyaan ihwal isi percakapan


 

·   Mengidentifikasi makna dalam teks fungsional pendek: pesan singkat, iklan dan pengumuman


 


 


 


·   Mengidentifikasi gosip yang terdapat dalam teks-teks fungsional/pendek, pesan singkat, iklan, pengumuman


 

Tes TulisIsian singkatListen to the text and complete the sentences.2×40 menit1. Bahan-bahan rekaman (kaset, CD, VCD)


2. Teks-teks  otentik berbentuk mekanisme (misal, resep-resep masakan, manual)


3. Buku teks yang relevan


 

2.2. Merespon makna  yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan reportTeks monolog berbentuk procedure dan report.


 


 


 


 


 

1.     Tanya jawab yang berkaitan dengan tema tertentu, contohnya photography


2.     Membahas langkah-langkah retorika berbentuk procedure/report dengan memakai ungkapan-ungkapan giving and demanding service


3.     Mendengarkan rekaman teks monolog berbentuk procedure/report


4.     Menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan teks monolog procedure/report yang didengarkan


 

·   Mengidentifikasi aneka macam gosip dalam teks monologpendek berbentuk procedure/report


·   Mengidentifikasi langkah retorika dalam teks monolog berbentuk procedure/report


·   Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks monolog berbentuk procedure/report

Tes lisan


 


 


 


 


 


Tes tertulis

Unjuk kerja


 


 


 


 


 


Pilihan ganda


 


 


 


Melengkapi kalimat rumpang

Demonstrate how to operate a digital camera!


   The teacher  will read the instruction for you


 


Choose the correct answer.


  Listen carefully!


– Complete the sentences!

2×40 menit1. Bahan-bahan rekaman (kaset, CD, VCD)


2. Teks monolog berbentuk prosedur


3. Teks-teks  otentik berbentuk mekanisme (misal, resep-resep masakan, manual


Standar Kompetensi : Berbicara



  1. Mengungkapkan  makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal verbal pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari











































 


Kompetensi


Dasar

Materi


Pokok/Pembelajaran

Kegiatan PembelajaranIndikatorPenilaianAlokasi


Waktu

Sumber


Belajar

TeknikBentuk


Instrumen

Contoh


Instrumen

3.1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan memakai ragam bahasa verbal secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian dan mengungkapkan dan menanggapi keraguan


 

 


Percakapan singkat memuat ungkapan-ungkapan:


 


A.     Are you sure ?


B.     I am. It is confirmed.


 


 


A.     Well… I am not sure.


B.     Don’t worry.


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

 


1.     Tanya jawab menggali kosakata terkait topik/tema yang dipelajari


 


2.     Menjawab / merespon ungkapan-ungkapan terkait materi


 


3.     Mendengarkan percakapan yang memakai ungkapan yang telah dipelajari


 


4.     Menjawab pertanyaan ihwal isi percakapan


 


5.     Melakukan percakapan menurut situasi yang diberikan

 


·   Bertanya dan menjawab ihwal meminta dan memberi kepastian


 


·   Bertanya dan menjawab ihwal mengungkapkan dan menanggapi keraguan


 


 


 


 

 


Tes lisan


 

 


Performance

 


Create a dialogue based on the given situation and perform it in front of the class!


 


 

 


2 x 40 menit

 


1. Buku text  yang relevan


 


2. Gambar-gambar terkait tema


 


3.Benda benda sekitar

3.2  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan memakai ragam bahasa verbal secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta pengulangan, menawarkan perhatian, dan menyatakan kekaguman  1.     Tanya jawab menggali kosa kata terkait topik / tema yang dipelajari.


 


2.     Tanya jawab memakai ungkapan terkait materi.


 


 


3.     Mendengarkan percakapan memakai ungkapan terkait.


 


4.     Menjawab pertanyaan ihwal isi percakapan.


 


 


5.     Bermain tugas melaksanakan percakapan.


 

·         Bertanya dan menjawab ihwal meminta pengulangan


 


·         Bertanya dan menjawab ihwal mengambarkan perhatian


 


·         Bertanya dan menjawab ihwal menyatakan kekaguman

Percakapan singkat memuat ungkapan berikut :


 


I beg your pardon?


/Pardon?


 


 


A. I’ve got good news!


B. Tell me more about


    It!


 


A. What a beautiful


    day!


B. It is. Shall we go to the beach ?


 

Tes lisanBermain peranCreate a dialogue based on the role cards and perform it in front of the class!2 x 40 menit1. Buku teks  yang relevan


 


2. Gambar-gambar terkait tema


 


3.Benda benda sekitar


Standar Kompetensi : Berbicara



  1. Mengungkapkan  makna dalam teks verbal fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk  procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari


 











































 


Kompetensi


Dasar

Materi


Pokok/Pembelajaran

Kegiatan PembelajaranIndikatorPenilaianAlokasi


Waktu

Sumber


Belajar

TeknikBentuk


Instrumen

Contoh


Instrumen

4.1  Mengungkapkan makna dalam bentuk teks verbal fungsional pendek sederhana dengan memakai ragam bahasa verbal secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari


 

·         Teks fungsional / pendek


–       pesan singkat.


–       iklan.


–       pengumuman

1.     Tanya jawab ihwal aneka macam hal terkait jenis teks fungsional pendek yang akan dibahas.


2.     Mengidentifikasi aneka macam gosip dalam teks.


3.     Membuat draft jenis teks fungsional :


–   pengumuman.


–   pesan singkat


–   iklan


4.     Menyampaikan secara verbal :


–   pengumuman.


–   pesan singkat


–   iklan


 

·         Menyampaikan pengumuman.


·         Menyampaikan pesan singkat.


·         Mempromosikan (mengiklankan sesuatu).


 

Tes LisanPerformance1.     Announce your school mates to gather in the lab after school!


 


2.     Tell your friend to wait for you after school!


 


 


3.     Promote the product from your village!


 


 

2 x 40 menit1. Buku teks yang relevan


 


2. Gambar-gambar yang terkait tema


 


3. Benda-benda elektronik


 


4. Ruang multi media

4.2. Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan memakai ragam bahasa verbal secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report 


Teks monolog berbentuk procedure dan report.


 


 

 


1.     Tanya jawab ihwal salah satu alat multi media (HP, computer, Tv, radio)


2.     Membuat kalimat perintah/pernyataan menurut gambar kegiatan. Misal:


       – Press the


         sajian button


       – Sellect the           number


       of  contact


3.     Tanya jawab ihwal cara mengoperasikannya (how to make a call, how to operate computer, dsb) memakai gambit-gambit tertentu


–  Can you show


          me…..


        – Sure/ I’m not sure           – Let me show you.  First…,  then…, finally.


4.   Melakukan monolog dalam bentuk procedure/report dengan proteksi gambar/urutan kegiatan

 


·        Melakukan monolog pendek dalam bentuk


–       Procedure/report


 

 


Tes lisan


 


 

 


Performance

 


 Please tell us how to send sms using your HP (alternative lain boleh dipilih)


 


Observe a certain kind of things you like best and report it to the class

 


4 x 40 menit

 


1. Buku teks yang relevan


 


2. Gambar-gambar yang terkait tema


 


3. Benda-benda elektronik


 


4. Ruang multi media


Standar Kompetensi : Membaca


5.Memahami  makna teks tulis fungsional dan esei pendek  sederhana berbentuk  procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan


sehari-hari
































 


Kompetensi


Dasar

Materi


Pokok/Pembelajaran

Kegiatan PembelajaranIndikatorPenilaianAlokasi


Waktu

Sumber


Belajar

TeknikBentuk


Instrumen

Contoh


Instrumen

 


5.1  Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report


 

 


·         Teks monolog procedure/report


·         Makna gagasan teks procedure


·         Informasi factual


·         Informasi rinci


·         Informasi tersirat dalam teks procedure dan report


·         Tujuan komunikatif teks procedure dan alat


 


·         Langkah retorika


–   teks procedure (purpose material-steps)


–   teks report (identification-description)


 


 

 


1.      Tanya jawab ihwal aneka macam hal yang terkait tema/topik yang dipilih


2.      Mengembangkan kosakata dan kalimat terkait tema terkait topik / jenis teks prosedur


3.      Tanya jawab ihwal cara mengerjakan/membuat sesuatu


4.      Membaca teks prosedur


5.      Menjawab pertanyaan ihwal aneka macam gosip dalam teks prosedur


–      Tujuan  komunikatif


–       Bahan yang diperlukan


–       Cara melakukan.membuat sesuatu


–       Langkah retorika teks procedure/report


–       Ciri kebahasaan teks prosedur


6.    Membaca nyaring dengan ucapan dan intonasi yang tepat

 


·   Mengidentifikasi makna gagasan dalam teks berbentuk procedure dan report


 


·   Mengidentifikasi aneka macam gosip yang terdapat dalam teks berbentuk procedure dan report


 


·   Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks berbentuk procedure/report


 


 


·   Mengidentifikasi langkah retorika dalam teks berbentuk procedure/report


 


·   Membaca nyaring teks berbentuk procedure/report


 


 


 


 

 


Tes tulis


 


 


 


 


Tes lisan

 


Pertanyaan


Bacaan


 


 


 


Membaca nyaring

 


Answer the following questions based on the text


 


Read the text aloud

 


4×40 menit

 


1.   Buku teks yang relevan


2.   Buku resep bahasa Inggris


3.   Gambar-gambar ihwal cara-cara melakukan/membuat sesuatu


4.   Gambar terkait tema


5.   Realia


6.   CD


7.   CD player


8.   TV


 
































 


Kompetensi


Dasar

Materi


Pokok/Pembelajaran

Kegiatan PembelajaranIndikatorPenilaianAlokasi


Waktu

Sumber


Belajar

TeknikBentuk


Instrumen

Contoh


Instrumen

5.2.Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari


 


5.3. Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan  esei pendek sederhana berbentuk procedure   dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima


 

·         Makna gagasan dan tekstual dalm teks fungsional/pengumuman, iklan dan pesan singkat


 


·         Ciri kebahasaan teks fungsional pengumuman


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

1.     Tanya jawab ihwal aneka macam hal terkait tema / topik / jenis teks yang akan dibaca.


2.     Membahas kosa kata dan ungkapan yang dipakai dalam teks yang akan dibaca.


3.     Membaca teks fungsional pendek


4.     Menjawab pertanyaan ihwal isi teks.


5.     Menyebutkan jenis teks yang dibaca dan tujuan komunikatifnya.


6.     Menyebutkan ciri-ciri kebahasaan teks yang dibaca.


7.     Membaca nyaring


 

·   Mengidentifikasi makna yang terdapat teks fungsional pendek; pengumuman, iklan, pesan singkat


 


 


·   Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks fungsional pendek, pengumuman


 


 

Tes Tulis


 


 


 


Tes lisan


 


 


 


Tes lisan

1.     Pilihan ganda


 


 


2.     Isian singkat


 


 


 


3.     Membaca nyaring

Choose the best option, a, b, c or d based on the text.


 


Complete the sentences based on the text.


 


Read the text aloud

2 x 40 menit1.   Buku teks yang relevan.


 


2.   Contoh teks fungsional :


–   iklan.


–   pengumuman.


–   pesan singkat


 


3.   Gambar yang relevan


 


Standar Kompetensi : Menulis



  1. Mengungkap kan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari


 











































 


Kompetensi


Dasar

Materi


Pokok/Pembelajaran

Kegiatan PembelajaranIndikatorPenilaianAlokasi


Waktu

Sumber


Belajar

TeknikBentuk


Instrumen

Contoh


Instrumen

6.1  Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan memakai ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari


 

·         kalimat sederhana


–       imperatives


–       simple present


 


Teks fungsional pendek :


1. iklan


2. surat pribadi

1.     Tanya jawab aneka macam hal terkait tema / topik / jenis teks yang akan dibahas.


2.     Mengamati contoh-contoh teks fungsional pendek terkait materi.


3.     Menyebutkan ciri-ciri, tujuan komunikatif dari teks.


4.     Menulis kalimat pendek dan sederhana memakai unsur bahasa yang diperlukan.


5.     Menulis teks fungsional pendek menurut konteks.


 

·   Menulis kalimat pendek dan sederhana


 


 


·   Menulis teks fungsional pendek dan sederhana


 


 


 

Tes TulisUraian1.     Write simple sentences based on the picture given.


2.     Write an advertisement based on the picture


3.     Write a letter to your uncle telling him that you want to spend holiday in his town.


 


 

4 x 40 menit1. Buku teks yang relevan


 


2. Buku resep bahasa Inggris


 


3. Gambar-gambar ihwal cara-cara melakukan/membuat sesuatu


 


4. Gambar terkait tema


 


5. Realia


 


 

6.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan memakai ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report


 

·         kalimat acak dari teks procedure/report


 


 


 


 


·         teks monolog pendek berbentuk procedure/report

1.     Review berbagai hal ihwal teks procedure


–      Tujuan komunikatif


–      Langkah retorika


–      Ciri kebahasaan


2.     Mengembangkan kosakata dan kalimat terkait topik/jenis teks procedure


3.     Menyusun kalimat acak menurut urutan gambar


4.     Menulis teks procedure berdasarkan perintah yang diberikan

·   Menyusun kalimat acak menjadi teks yang padu berbentuk procedure/report


 


 


 


·   Menulis essay berbentuk procedure


 


 


 


 


 


 

Tes tulis


 


 


 


 


 


 


Tes tulis

Menyusun kalimat


 


 


 


 


 


Uraian

Rearrange the following jumbled sentences in a good order.


 


 


Write a procedure text telling how to operate a computer


 


Write a report on a certain kind of thing or place around you.

4 x 40 menit1Buku teks yang


relevan


 


2.Buku resep


bahasa Inggris


 


3.Gambar-gambar


tentang cara-cara


 


4.melakukan/mem


buat sesuatu


 


5.Gambar terkait


tema


 


6.Realia


 


 




Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :



Advertisement

Iklan Sidebar