'/> Like, Alike, Unlike: Penggunaan Beserta Teladan Kalimatnya Lengkap

Info Populer 2022

Like, Alike, Unlike: Penggunaan Beserta Teladan Kalimatnya Lengkap

Like, Alike, Unlike: Penggunaan Beserta Teladan Kalimatnya Lengkap
Like, Alike, Unlike: Penggunaan Beserta Teladan Kalimatnya Lengkap

Like, Alike, Unlike: Penggunaan Beserta Contoh Kalimatnya Lengkap




Karena kemiripan kata dan arti, penggunaan like, alike dan unlike cukup membingungkan bagi sebagian orang. Meski terlihat mirip, ternyata masing-masing berbeda dalam penggunaannya.


Kali ini IBI akan membahas wacana pengertian like, alike dan unlike beserta penggunaan dan pola kalimatnya dalam Bahasa Inggris.




 


 Penggunaan Beserta Contoh Kalimatnya Lengkap Like, Alike, Unlike: Penggunaan Beserta Contoh Kalimatnya Lengkap
Pengertian dan Penggunaan Like, Alike dan Unlike Lengkap Beserta Contoh Kalimat

 




Like & Alike


Hal pertama yang harus sobat IBI pahami yakni wacana adjective like dan alike. Like dan alike merupakan adjective atau kata sifat. Sebagai adjective. penggunaan like harus selalu diikuti oleh noun setelahnya. Sedangkan penggunaan alike, dihentikan diikuti oleh noun setelahnya.


Examples:



  1. The two girls were embarrassed because they were wearing like dresses (Dua orang gadis aib alasannya yakni mereka memakai gaun yang mirip).

  2. The two girls were embarrassed because their dresses are alike (dua orang gadis aib alasannya yakni gaun mereka mirip)


Pada pola pertama, like adalah adjective form yang dipakai sempurna sebelum noun dresses. Sedangkan pada pola kedua, alike adalah sebuah predicate adjective yang menggambarkan dresses. Karena alike adalah predicate adjective, ia hanya sanggup dipakai sehabis sebuah linking verb menyerupai are.


 




Like & Unlike


Setelah memahami like dan alike sebagai adjective, hal kedua yang harus sobat IBI pahami yakni wacana like dan unlike yang berfungsi sebagai preposition. Keduanya mempunyai arti yang bertentangan (like = menyerupai sedangkan unlike = tidak mirip). Karena keduanya yakni preposition, maka mereka harus diikuti oleh object.


Examples:



  1. The science books this semester are like the books used last semester (Buku-buku sains semester ini menyerupai dengan buku-buku yang dipakai semester terakhir).

  2. The science books this semester are unlike the books used last semester (Buku-buku sains semester ini tidak menyerupai dengan buku-buku yang dipakai semester terakhir).


Pada pola pertama, preposition like diikuti oleh object the books used last semester. Ini berarti, bahwa  the books used last semester dan the science books this semester yakni mirip. Sementara pada pola kedua, preposition unlike diikuti oleh object the books used last semester. Ini berarti, bahwa  the books used last semester dan the science books this semester yakni tidak mirip


Selain terletak di tengah kalimat, preposition like dan unlike juga sanggup muncul di awal kalimat.


Examples:



  1. Like the books used last semester, the science books this semester are expensive (Sama dengan buku-buku yang dipakai semester terakhir, buku-buku sains semester ini yakni mahal).

  2. Unlike the books used last semester, the science books this semester are expensive (Tidak menyerupai buku-buku yang dipakai semester terakhir, buku-buku sains semester ini yakni mahal).


Pada pola pertama, preposition like diikuti object the books used last semester. Ini berarti bahwa the books used last semester yakni mahal. Sedangkan pada pola kedua, preposition unlike diikuti oleh object the books used last semester. Ini berarti bahwa the books used last semester adalah tidak mahal.


Berikut rumus penggunaan like, alike dan unlile



























Like, Alike and Unlike


 

Grammar



Meaning



Use


like


alike

adjective


adjective

Similar (mirip)


Similar (mirip)

Sebagai adjective, like digunakan sebelum noun.


Sebagai adjective, alike digunakan sehabis linking verb.

like


unlike

preposition


preposition

Similar (mirip)


Different (berbeda)

Sebagai preposition, like dan unlike diikuti oleh object. Keduanya sanggup dipakai di banyak posisi, termasuk di awal kalimat.

 




Demikian klarifikasi mengenai pengertian dan penggunaan like, alike dan unlike. Semoga sehabis ini sobat IBI sanggup membedakan ketiganya dan tahu cara penggunaannya yaa. Selamat belajar!





Advertisement

Iklan Sidebar