'/> Memahami Transportation Prepositions : By, In, On

Info Populer 2022

Memahami Transportation Prepositions : By, In, On

Memahami Transportation Prepositions : By, In, On
Memahami Transportation Prepositions : By, In, On
Transportation Prepositions In English - Tutorial bahan pembelajaran bahasa inggris kali ini, kita akan membahas preposisi yang dipakai dalam transportasi.

Sebagian dari kita mungkin sudah memahami kata depan (preposisi) : In, Out dan By.

Namun , terkadang kita masih merasa galau saat dipakai dalam soal-soal yang berafiliasi dengan transportasi.

Untuk menguji pemahaman kita ihwal prepositions for transportation, coba anda jawab soal berikut. Jawaban yang benar ialah bab yang dihighlight berwarna merah:

1. The kids were excited to be ____ a helicopter.
A. In
B. On
C. By

2. I always travel ____ bus to work.
A. In
B. On
C. By

3. I was ____ the bus when the rain poured so hard.
A. In
B. On
C. By



Nah, jikalau anda sanggup menjawabnya dengan benar, kemungkinan besar anda sudah memahami perbedaan ketiga jenis preposisi tersebut.

Namun jikalau anda masih galau penggunaannya, menyerupai pada No.2 dan No.3 yang sama-sama tranportasinya ialah bus, akan tetapi mempunyai balasan yang berbeda. Tenang saja, kita akan coba mengupasnya secara sederhana semoga lebih gampang dipahami.

Kata preposisi "By" pada transportasi

Preposisi "By"  dipakai sebagai kata yang paling umum dalam menyatakan dengan apa kita melaksanakan perjalanan atau berpergian. Kata yang paling umum tersebut menggunakan kata "travel".

Contoh.1 :
  • We travel by car ,
  • You travel by train 
  • He travels by bus, 
  • We travel by plane 
  • We can travel by bike
Seperti yang anda perhatikan teladan di atas, apapun jenis tranpostasinya kita sanggup gunakan dengan preposisi "by" apabila kita gunakan dengan menggunakan kata "travel".

Kita juga sanggup menggunakan preposisi "by" untuk jalur transportasi atau permukaan yang dilalui transportasi tersebut. Jalur-jalur transportasi tersebut ialah : by sea, by rail, by land, by air.

Contoh.2:
  • I usually travel to Medan by air (Saya biasanya berpergian ke Medan melalui jalur udara)
  • He travel to Surabaya by rail (Saya berpergian ke Surabaya melalalui jalur rel kereta api)

Baik Contoh.1 maupun Contoh.2 di atas, poin pentingnya ialah kata "travel". Makara saat menggunakan kata travel, maka preposisinya ialah "by", apakah dipakai untuk menyatakan jenis kendaraan ataupun menyatakan jalur yang dilewati kendaraan tersebut.

Penggunaan preposisi "On" 

Ada dua kategori penggunaan preposisi "On" pada transportasi :
  • Preposisi "On" digunakan untuk menyatakan jenis transportasi yang tidak tertutup, menyerupai : horse, bicycle, jetski dan lain-lain.
  • Preposisi "On" dipakai juga untuk menyatakan jenis tranportasi yang tertutup. Namun dalam tranporstasi tersebut kita sanggup bangkit dan berjalan-jalan dalam transportasi tersebut. Contohnya ialah : Pesawat, Kereta Api. Walaupun pesawat dan kereta api ialah jenis transportasi tertutup, namun kita sanggup bangkit dan berjalan dalam pesawat dan kereta api.
Agar kita sanggup memahaminya dengan jelas, perhatikan teladan berikut :
  1.  I am riding on a horse (Saya naik kuda)
  2.  I’ll go to the island on a jetski (Saya akan ke pulau tersebut dengan jetski)
  3. We need to get on this bus (Kita perlu naik bus ini)
  4.  We go on a plane (Kami naik pesawat)
  5.  We go on a train (Kami naik kereta api)
  6.  We go on a ship (Kami naik kapal laut)

Kalimat No.1 dan No.2 ialah jenis kendaraan yang terbuka. Horse (kuda) merupakan binatang yang dipakai sebagai salah satu transportasi. Karena Horse (kuda) ialah transportasi yang terbuka (tidak tertutup), maka dipakai preposisi "On". Begitu juga dengan Jetski, merupakan kendaraan yang terbuka juga. Maka untuk Jetski dipakai juga preposisi "On".

Kalimat No.3, No.4, No.5 dan No.6 ialah jenis kendaraan tertutup. Walaupun merupakan kendaraan tertutup, namun dalam pesawat, kereta api, bus dan kapal laut, kita sanggup berdiri dan berjalan. Untuk itu tetap dipakai "On".

Penggunaan preposisi "In" 

Preposisi "In" dipakai untuk jenis tranposrtasi tertutup, menyerupai : car, helicopter, taxi, truck, van dsb. Jenis-jenis transportasi tersebut berbeda menyerupai pesawat, kereta api, kapal laut. Walaupun sama-sama tertutup, namun dalam mobil, helicopter, truck, taxi, namun kita tidak sanggup berdiri dan berjalan-jalan.

Contoh:
  • I went to the school in a taxi (Saya pergi ke sekolah dengan taxi)
  • The kids were excited to be in a helicopter (Anak-anak bahagia berada di helikopter)
  • The boxes are loaded in the van (Kotak-kotak itu dimuat di dalam van).

Nah kini kita sudah memahami perbedaan ketiga jenis preposisi untuk bidan transportasi. Hal yang sering membingungkan ialah problem penggunaan preposisi "On". Untuk itu, silahkan dipahami klarifikasi dan teladan di atas secara teliti.
Advertisement

Iklan Sidebar