'/> Pengertian, Jenis Dan Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses Berguru Mengajar Bahasa Inggris

Info Populer 2022

Pengertian, Jenis Dan Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses Berguru Mengajar Bahasa Inggris

Pengertian, Jenis Dan Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses Berguru
Mengajar Bahasa Inggris
Pengertian, Jenis Dan Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses Berguru
Mengajar Bahasa Inggris

Pengertian, Jenis Dan Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar Bahasa Inggris


 Jenis Dan Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar Bahasa Inggris Pengertian, Jenis Dan Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar Bahasa Inggris


 


Dalam proses mencar ilmu dan mengajar banyak sekali faktor pendukung dari proses tersebut, dalam hal ini media mencar ilmu mempunyai efek yang sangat tinggi dalam proses mencar ilmu mengajar. Pemilihan media dalam proses mencar ilmu memang mempunyai tugas yang sangat penting disamping metode penyampaian yang digunakan.


Media hanyalah sebuah faktor pendukung bahan pelajaran yang akan disampaikan. Dalam menentukan media dibutuhkan adanya penyesuaian, media yang tidak sesuai dengan bahan yang disampaikan akan kuat pada hasil mencar ilmu siswa.


Berikut ini admin akan memperlihatkan klarifikasi wacana pengertian, jenis dan manfaat media pembelajaran dalam proses mencar ilmu mengajar bahasa inggris. Yang pertama yakni pengertian dari sebuah media mengajar.




1. Pengertian media pembelajaran


Secara umum pengertian dari media pembelajaran yakni : alat bantu dalam proses mencar ilmu mengajar. Media pembelajaran sanggup juga diartikan segala sesuatu atau alat untuk merangsang siswa untuk berfikir, memperhatikan, sehingga terjadi sebuah proses belajar. Ada banyak sekali media pembelajaran yang sanggup digunakan, pada kesempatan kali ini admin akan share beberapa referensi media pembelajaran untuk siswa sd, siswa smp, dan siswa sma. Pada referensi kali ini yaitu diambil dari mata pelajaran bahasa inggris dan media pembelajarannya.


Untuk grade yang berbeda kita juga harus memakai media yang berbeda sesuai dengan pemahaman siswa. Tidak mungkin kita akan memakai media pembelajaran siswa sma kepada siswa yang masih duduk di dingklik sd. Penyesuaian media yang di pilih juga kuat dalam penyampaian bahan pembelajaran.


Pengertian media pembelajaran secara terperinci ( hamalik, 1994 : 6 ), media sebagai alat komunikasi guna lebih mengefektifkan proses mencar ilmu mengajar; fungsi media dalam rangka mencapai tujuan pendidikan; seluk-beluk proses belajar; hubungan antara metode mengajar dan media pendidikan; nilai atau manfaat media pendidikan dalam pengajaran; pemilihan dan penggunaan media pendidikan; banyak sekali jenis alat dan teknik media pendidikan; media pendidikan dalam setiap mata pelajaran; perjuangan penemuan dalam media pendidikan.




2. Manfaat media pembelajaran


Untuk mencapai kesuksesan dalam proses mencar ilmu mengajar dibutuhkan pemilihan media pembelajaran yang sesuai dengan bahan yang akan kita sampaikan. Media haruslah sesuai dengan apa yang akan kita ajarkan kepada siswa. Sebagai referensi sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) akan mengajarkan sebuah bahan yang bertopik “pengucapan kata dalam bahasa inggris” dalam hal ini sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) sanggup memakai media lcd, mp3 player, atau tape recorder. Sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) akan memutarkan sebuah rekaman bagaimana cara pengucapan yang benar dalam bahasa inggris.


So, apa manfaat dari memakai media belajar? Secara umum manfaat dari media mencar ilmu yakni untuk memperlancar proses mencar ilmu mengajar. Dari beberapa jago juga menyebutkan bahwa manfaat media dalam proses mencar ilmu mengajar yakni untuk efisiensi waktu, menciptakan proses mencar ilmu mengajar lebih menarik dan meningkatkan hasil mencar ilmu dari para siswa.


Melihat dari manfaat diatas sanggup di simpulkan bahwa pemilihan media pembelajaran sangatlah kuat dalam kesuksesan proses mencar ilmu mengajar. Selain itu motode pembelajaran juga menegang peranan penting dalam hal ini.


Untuk media pembelajaran yang pertama yakni untuk siswa yang masih duduk di dingklik sd. Untuk mengajar anak yang masih sd, media yang kita perlukan haruslah semenarik mungkin, sehingga siswa tidak bosan dengan apa yang akan kita ajarkan. Mengingat siswa sd sangat gampang sekali bosan dan sangat susah untuk menciptakan mereka tetap fokus maka adanya media pembelajaran yang menarik sangat di perlukan.




3. Jenis jenis media pembelajaran


Ada banyak sekali jenis media pembelajaran yang sanggup sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) manfaatkan dalam proses mencar ilmu mengajar. Media pembelajaran sanggup terdiri dari jenis yang paling murah hingga paling mahal. Ada juga media pembelajaran yang khusus dibentuk oleh para pengajar yang sudah diubahsuaikan dengan bahan yang akan mereka sampaikan. Untuk beberapa kasus, ada pula media pembelajaran yang sanggup eksklusif dimanfaatkan keberadaannya, media ibarat ini biasanya ada pada lingkungan daerah dimana proses mencar ilmu mengajar berlangsung.


Media pembelajaran memang banyak sekali jenis dan ragamnya. Namun media mencar ilmu yang paling sering kita temukan yakni media cetak atau buku pelajaran. Menggunakan media mencar ilmu ini memanglah simple dan mudah, tapi akan terasa sangat membosankan bagi para siswa dan tergantung dari pemanfaatan media oleh si pengajar. Selain media cetak masih banyak sekali media mencar ilmu yang ada. Contohnya : gambar, foto, model, ohp, lcd, laptop, dan media media positif lainnya.


Disamping banyaknya media pembelajaran yang ada, disarankan sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) sebagai pengajar untuk menciptakan media mencar ilmu sendiri, dengan begitu akan sanggup menyesuaikan bahan yang akan disampaikan dan media yang dipakai. Dalam pemilihan media tentunya kita harus memakai media yang tidak terlalu mencolok dan sesuai.


 




Demikian pembahasan kali ini mengenai pengertian, jenis dan manfaat media pembelajaran dalam proses mencar ilmu mengajar bahasa inggris, semoga bermanfaat dan sanggup membantu seluruh sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) dalam proses mencar ilmu mengajar.


 


Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :



Advertisement

Iklan Sidebar