'/> Penjelasan Dan Pola Kalimat Perihal Independent And Dependent Clauses

Info Populer 2022

Penjelasan Dan Pola Kalimat Perihal Independent And Dependent Clauses

Penjelasan Dan Pola Kalimat Perihal Independent And Dependent Clauses
Penjelasan Dan Pola Kalimat Perihal Independent And Dependent Clauses

Penjelasan Dan Contoh Kalimat Tentang Independent And Dependent Clauses


Penjelasan Dan Contoh Kalimat Tentang Independent And Dependent Clauses Penjelasan Dan Contoh Kalimat Tentang Independent And Dependent ClausesClause atau klausa ialah pengelompokan kata-kata dalam bahasa Inggris yang berisi subjek dan kata kerja. Clause atau klausa juga berarti penyusun dari kalimat. Clause atau klausa dalam bahasa inggris terbagi kedalam dua jenis, yaitu Independent and Dependent Clauses. Hal ini penting untuk tujuan pembentukan kalimat biar sanggup mengenali Independent and Dependent Clauses.


Well, mari kita simak klarifikasi berikut ini.


 




PengertianIndependent dan dependent clauses


A. Independent clause atau klausa independen ialah kelompok kata yang berisi subjek dan kata kerja. Klausa independen ialah kalimat. Independent clause atau klausa independen juga berarti klausa yang mengungkapkan isi pikiran/ide dengan lengkap. Independent clause atau klausa independen sanggup berfungsi sebagai kalimat.


Klausa ini ialah klausa yang sanggup berfungsi sendiri. Independent clause atau klausa independen tidak perlu bergabung dengan klausa lainnya, sebab mengandung semua isu yang diharapkan untuk menjadi kalimat lengkap.


Ada tiga karakteristik atau komponen dari Independent clause atau klausa independen, yaitu:



  1. A subject (subjek), It gives information on what the sentence is about. Dalam hal ini subjek berfungsi untuk memperlihatkan isu perihal apa kalimat tersebut.

  2. An action or predicate (Sebuah tindakan atau predikat), It gives information on what the subject is doing. Dari arti an action or predicate itu sendiri, sanggup kita pahami bahwa hal ini predikat berfungsi untuk memperlihatkan isu perihal apa yang subjek lakukan .

  3. Conveys a complete thought (Menyampaikan isi pikiran/ide dengan lengkap), It gives information on what is happening in the sentence. Yang berarti memperlihatkan isu perihal apa yang terjadi dalam kalimat.


Contoh :


“ John went to buy supplies “ (John pergi untuk membeli perlengkapan). Contoh kalimat tersebut ialah Independent clause atau klausa independen. Dan kalau diakhiri dengan “titik” maka menjadi sebuah kalimat.




Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :





B. Dependent Clause atau klausa dependen ialah kelompok kata yang berisi subjek dan kata kerja. Tetapi Dependent Clause atau klausa dependen tidak sanggup menjadi kalimat. Dependent Clause atau klausa dependen juga tidak sanggup mengungkapkan isi pikiran/ide dengan lengkap, dan dengan demikian Dependent Clause atau klausa dependen tidak sanggup berfungsi sebagai kalimat.


Klausa ini biasanya ditandai dengan dependent marker words yaitu kata-kata penanda dependen. Ini ialah kata yang ditambahkan diawal Independent Clause atau klausa independen yang membuatnya menjadi Dependent Clause atau klausa dependen. Clause atau klausa yang disebut Dependent Clause atau klausa dependen ialah Clause atau klausa yang berisikan dependent marker word menyerupai berikut :



  1. Marker Word (kata-kata penanda) menyerupai because (karena), after (setelah), before (sebelum) , since (sejak), in order to (agar), although (meskipun), though (meskipun/walau), whenever (kapanpun), wherever (dimanapun), whether (apakah), while (sementara), eventhough (meskipun), even if (bahkan jika/bahkan sekalipun), dan lain sebagainya.

  2. Conjunction (kata hubung/sambung) menyerupai but (tapi), and (dan), or (atau), yet (belum), dan lain sebagainya.


Contoh :


“ When John went to buy supplies “ (ketika John pergi untuk membeli perlengkapan), pola tersebut tidak sanggup menjadi kalimat sebab merupakan isi pikiran/ide yang tidak lengkap. Dalam kalimat ini, when berfungsi sebagai dependent marker word.


Meskipun demikian dependent clause atau klausa dependen perlu dikombinasikan dengan independent clause atau klausa independen untuk membentuk sebuah kalimat utuh. Contohnya, “ When John went to buy supplies, Rohan snuck in and stole the money “ (Ketika John pergi untuk membeli perlengkapan, Rohan menyelinap masuk dan mencuri uang). Dan pola kalimat ini ialah kalimat utuh atau lengkap atau complete sentence.


 




Demikian pembahasan bahan pada kesempatan kali ini, semoga sanggup membantu dan bermanfaat bagi sobat IBI (ilmubahasaingris.com).


See you next time 🙂


Advertisement

Iklan Sidebar