'/> Penjelasan, Fungsi Dan Rujukan Perihal Subjek, Predikat, Kata Kerja Dan Objek Dalam Bahasa Inggris

Info Populer 2022

Penjelasan, Fungsi Dan Rujukan Perihal Subjek, Predikat, Kata Kerja Dan Objek Dalam Bahasa Inggris

Penjelasan, Fungsi Dan Rujukan Perihal Subjek, Predikat, Kata Kerja Dan
Objek Dalam Bahasa Inggris
Penjelasan, Fungsi Dan Rujukan Perihal Subjek, Predikat, Kata Kerja Dan
Objek Dalam Bahasa Inggris

Penjelasan, Fungsi Dan Contoh Tentang Subjek, Predikat, Kata Kerja Dan Objek Dalam Bahasa Inggris


 Kata Kerja Dan Objek Dalam Bahasa Inggris Penjelasan, Fungsi Dan Contoh Tentang Subjek, Predikat, Kata Kerja Dan Objek Dalam Bahasa InggrisDidalam bahasa Indonesia kita telah mengenal dan memahami dengan terang apa itu SPOK. For Your Info, kalimat yakni satuan terkecil dari bahasa dalam bentuk verbal maupun goresan pena dan terdiri dari rangkaian kata yang memiliki/mengandung makna atau suatu pesan tertentu. Kalimat yang baik dan benar mengandung unsur-unsur kalimat yang terdiri dari Subjek (S), Predikat (P), Objek (O), Keterangan (K), dan Pelengkap (P)


Subjek itu sendiri yakni pelaku atau orang yang melaksanakan aktivitas tertentu. Subjek pada umumnya berupa kata benda ibarat nama orang, binatang, tumbuhan, dan benda. Dan predikat yakni unsur kalimat yang menyatakan aktivitas yang sedang dilakukan oleh pelaku/subjek. Predkat biasanya merupakan kata-kata kerja. Sedangkan objek yakni sesuatu yang dikenai tindakan oleh subjek. Sama ibarat subjek, objek sanggup berupa kata-kata benda.


And now mari kita bahas bersama perihal subjek, predikat, kata kerja maupun objek dalam bahasa Inggris. What do you think? Apakah sama penjelasannya dalam bahasa Indonesia?


Let’s see…




Penjelasan, Fungsi Dan Contoh Kalimat Berisikan Subjek, Predikat, Kata Kerja Dan Objek Dalam Bahasa Inggris


Subject (subjek), verb (kata kerja), predicate (predikat) dan object (objek) yakni the building blocks of any sentence, yaitu penyusun kalimat apapun. Untuk sanggup menggunakannya dengan benar salah satu langkah pertama yakni menulis dan berbicara bahasa Inggris dengan baik


Dalam bahasa inggris sentence atau kalimat yakni the conventional unit of connected speech and writing. It is a group of words that together makes sense as a statement, question, command or exclamation  yaitu unit konvensional yang terhubung dengan berbicara dan menulis. Kalimat juga berarti kelompok kata yang bertindak sebagai pernyataan, pertanyaan, perintah atau tanda seru.


Isi dari sentence atau kalimat antara lain subject (subjek), verb (kata kerja), predicate (predikat) dan object (objek).


A. Subject atau subjek yakni kata yang merupakan komponen utama dari kalimat, sanggup didefinisikan sebagai who atau what dalam kalimat. Sebuah subjek selalu dibutuhkan dalam sebuah kalimat dalam bahasa Inggris. Subjek sanggup berupa noun (kata benda), noun phrase (frase kata benda) atau pronoun (kata ganti).


Contoh :



  1. The dog barked (anjing menggonggong). Dalam pola kalimat ini terdapat noun (kata benda) tunggal sebagai subjek yaitu the dog (anjing)

  2. The five dogs barked (lima anjing menggonggong). Dalam pola kalimat ini terdapat noun phrase (frase kata benda) sebagai subjek yaitu five dogs (lima anjing).

  3. It started barking (dia mulai menggonggong). Dalam pola kalimat ini terdapat pronoun (kata ganti) sebagai subjek yaitu it (dia) menggantikan the dog (anjing).

  4. Predicate atau predikat merupakan frase dalam kalimat, yang memberitahu apa yang sedang dilakukan oleh subjek. Predikat juga menginformasikan perihal korelasi antara subjek dan tindakan yang dilakukan.




Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :





B. Predicate atau predikat selalu mengandung verb (kata kerja) yang merupakan kata-kata yang menunjukkan tindakan yang dilakukan


Contoh :



  1. The dog was barking (anjing itu sedang menggonggong). Dalam pola kalimat ini yang dilakukan oleh subjek yakni menggonggong. Predikatnya yakni was barking (sedang menggonggong) dan kata kerja nya yakni barking (menggonggong).

  2. The ball was kicked by the boy (bola ditendang oleh anak itu). Dalam pola kalimat ini yang dilakukan oleh subjek yakni tendang. Predikatnya yaitu was kicked by (ditendang oleh) dan kata kerja nya yakni kicked (ditendang).


C. Object atau objek merupakan suatu ketidakharusan dalam sebuah kalimat. Tujuannya yakni hal yang secara pribadi atau tidak pribadi mendapatkan tindakan yang dilakukan oleh subjek.


Contoh :



  1. The dog barked at the hospital (anjing menggonggong di rumah sakit). Objek dalam pola kalimat ini sangat terang yaitu hospital (rumah sakit).

  2. The ball was kicked by the boy (bola ditendang oleh anak itu). Objek dalam kalimat ini yakni the boy (anak laki-laki).




Untuk klarifikasi yang lebih jelas, berikut kesimpulan dari pembahasan diatas


Contoh kalimat :


Rita goes to Japan (Rita pergi ke Jepang).


Dalam kalimat ini menunjukkan bahwa,



  1. Subject atau subjek yakni Rita alasannya yakni Rita yakni orang yang melaksanakan tindakan

  2. Predicate atau predikat yakni goes to yang menghubungkan subjek Rita dengan verb (kata kerja)

  3. Verb atau kata kerja yakni goes yang berarti melaksanakan tindakan yaitu pergi

  4. Object atau objek yaitu Japan.


 




– Be happy


Be the best you can


Be good and kind –


See you 🙂


Advertisement

Iklan Sidebar